5 April 2013

jejak ekspedisi malang

Akhirnya petualangan bareng personil ekspedisi smanty bisa terwujud juga walau berekspedisinya hanya berdua bareng anggota yang nyangkut di Malang,hehe. ekspedisi kali ini di bilang lumayan dadakan karna kurangnya persiapan baik medan maupun modal.hoho recana ekspedisi kali ini, kami ingin mengunjungi lukisan alam, lukisan yang menggambarkan keindahan gunung bromo. bromo... bromoooo,he

catatan perjalanan ane kali ini berawal dari kota pelajar kota dimana ane bernaung untuk mencari pengalaman. tanpa panjang lebar langsung hajar aje yeee. haja bleeeeh....

basmallah...

So, keberangkatan kali ini saya mencoba menggunakan moda transportasi umum dari awal keberangkatan sampe kepulangan nanti. berangkat dari halte transjogja yang ada di samping kost,he

rute yang saya ambil yakni menuju ke halte malioboro, niatnya biar sekalian jalan jalan di maliioboronya sebelum jalan ke stasiun tugu.

jalan dari malioboro sampe ke stasiun tugu menghabiskan waktu 15 menit,he

sampe stasiun nyari kereta KA. Malioboro Ekspres. kereta ini pun berangkat dari jogja jam 8 malam

ini kondisi di dalam kereta kelas bisnis, kebetulan bisnis harganya cuman 80 ribu, lumayan kursinya empuk dan sepi, jadi ya bisa menikmati perjalanan dan tidur di sana sini

setelah menikmati perjalanan dengan kereta, tibalah di kota malang sekitar jam 4 pagi, setelah itu jalan untuk cari masjid untuk istirahat dan sholat subuh

nah ini lagi pengajian abis subuh di masjid jami' kota malang. jalan dari stasiun tugu ke masjid ini lumayan jauh,he

ini tampilan depan masjid jami, keren kan. hehe

sambil nunggu matahari, ane sempatin untuk maen di alun alun malang depan masjid jami'. rencananya mau pake angkutan umum buat ke kost temen, tapi berhubung gak nongol angkutan umunya ya terpaksa nelpon temen tu untuk jemput di sini.hoho

setelah sampai di kostnya, istirahat. sayapun jalan2 bentar keliling kotanya sebelum malem tiba, soalnya malem tu kita langsung brangkat...walaupun jalan2nya cuman sekitaran jalan besar deket2 brawijaya gitu.
tibalah malam hari, perjalanan pun dimulai, bermodal GPS, sebotol air dan nasi dalam kotak kami pun memutuskan untuk jalan. brangkat dar malang ke desa tumpang sedikit nyasar soalnya kami berdua gak tau jalan kesana. sampenya di desa tumpang, istirahat sejenak dan membeli makan malam walau hanya berupa bakso 2 bungkus. dari tumpang, kami melanjutkan perjalanan ke desa berikutnya. dan rute yang kami lalui ini wooow banget deh. lebih jelasnya lait aje sendiri ntar. saking wooownya ane gak bisa mendokumentasinya,he.
setelah beberapa lama, tibalah kami di desa ngadas sekitar jam 10 malam, disana kami putuskan untuk istirahat dan akan melanjutkan perjalanan ke bromonya sekitar jam 4 subuh. disana kami di tawarkan penginapan seharga 150 rb (mahal amat,kagak bisa ditawar),hoho. setelah diskusi kami memutuskan utntuk gak menerima tawaran itu dan mencari alternatif lain. pilihan kamipun jatuh ke masjd warga sekitar, alih2 hanya ingin beristirahat kamipun merencanakan sekaligus nginep dsana. hoho

nah ini dia masjidnya, disini numpang makan dan numpang istirahat

niatnya hanya istirahat di luar, tapi karna saking dinginnya nekat deh masuk dan tidur di dalam masjid. kami milih tidur di deket pintu masuk agar bisa liat motor yang diluar masi ada ato gak skalian biar lebih deket lok tiba tiba ada warga yang ngusir kami,he

setelah istirahat beberapa jam, kamipun siap melanjutkan perjalanan, kami berangkat dari masjid ini sekitar jam 4. ini view masjidnya dari samping. gak bisa ngambil dari depan, soalnya depan tu masjid ada jurang, kirinya ada jurang. ne masjid letaknya di pinggir jurang, gile bener. hoho

perjalan pun di mulai, treknya sangat menantang. karna naik turun bukit pake sepeda motor, gak ada kendaraan lain selain kami. tibanya di pintu gerbang/pintu registrasi barulah kami menjumpai satu rombongan yang kebetulan juga ke bromo dan hanya satu satunya lho yang lewat tumpang,he. ne gambar mang nyatanya ya gitu, jalanannya wooow bgt. nah setelah dari pintu gerbang, kami turunin bukit yang jalanannya gak karuan, setelah turun turunan, kami langsung tu lewatin padang savana dan pasir berbisik,he

setelah melewati rintangan di pasir berbisik dan menemukan spot yang bagus untuk ibadah, kami langsung melaksanakan sholat subuh. subhanallah, pemandangannya luar biasa, kenikmatanan sholata di hamparan pasir berbisik sangat iluar biasa. walau di temenin dengan rasa dingin yang dinginnya pake amat,he

dari pasir berbisik akhirnya kami sampai di penanjakan, nah dari atas sini bisa melihat pemandangan bromo yang indah...

dari penanjakan, kami turun kembali kepasir berbisik untuk melanjutkan perjalanan ke bromo untuk melihat kawahnya

alternatif lain selain motor, yakni kuda. harganya 50 ribu dan bisa di tawar tergantung dari mana anda menaikinya,he

salah satu pemandangan sebelum naik tangga,he

anak tangga yang harus di lalui sebelum sampe puncak,he

sampe di puncak ternyata mataharinya dah nonggol, agak sedikit telat deh. ini suasana di puncak, untuknya masi sedikit orang yang ada di atas

nah ini dia kawahnya bromo

pemandangan dari atas, terlihat masi banyak orang yang bakal naik ke sini, bagus juga ya keliatannya. he

segala macam cara untuk berfoto, bahkan telanjang dada walau harus nahen dingin, brrrrrrrrrrrr

nah ini ada cerita ne, si bule dua ne baru nyampe puncak, si ceweqnya ngambek dah coz pengen foto bareng, karna kebetulan kagak ada yang mau fotoin mereka berdua. hoho. si bule bule itu akhirnya nyamperin kami berdua, dengan sedikit memelas merekapun memohon agar kami mau mengambil gambar mereka berdua,hoho. akhirnya karna ane gak mau, terpaksa temen ane yang ngambil dengan syarat si bule yang ceweqnya  harus foto bareng ma dia.hehe (cerita itu kagak bener). tapi sayangnya niat pengen foto berdua ama bule ceweq gak di restui ama bule cowoq,nya. cutez dah bleh.hoho

setelah menikmati indahnya bormo, kamipun memutuskan untuk pulang, coz udah agak rame dan mataharinya udah makin tinggi. nah gambar ne ane ambil ketika dah sampe bawah, sangat sangat rame. rute pulang yang kami ambil kali ini berbeda, gak lewat tumpang lagi, soalnya persediaan bensin menipis. menurut  info, yang jual minyak ecera hanya ada di desa cemoro lawang, nah desa itu arahnya mo ke jalur probolinggo

ini jalan di desa cemoro lawang, banyak penginapan disini, tinggal pilih dan harus pinnter nawar ye. perumahan warga disini tartata cukup rapi, jadi enak di pandang.he

jalur probolinggo treknya turun turunan ampe bosan. untuk menghemat bahan bakar, mesin motor kami matikan dan menikmati perjalanan hanya degan roda dan mesin yang diam,hehe. pemandangan di jalur ini sangat indah, tapi gak se indah jalur tumpang lho,

ada ruginya kami lewati jalur ini, soalnya dari sini ke kota malang hampir 90an Km kami lalui, sebenernya ada jalur cepetnya sih tapi ya itu tapi, sama2 gak tau medan. jadi ya libas aja. hampir 3 jam perjalanan kami lalui untuk sampai ke kota malang, panas, macet dan lapar menemani perjalanan kami. tiba di malang sekitar jam 11, tepatnya saat menjelang adzan untuk sholat jum'at.hehe... sekian untuk bromo sekian untuk ekspedisi malangnyaaa...

eh, kirain ekspedisinya dah abis, kami dapet referensi dan dapet ilham saat melewati jalur probolinggo (ada juga untungnya,he). bisa di bilang mengunjungi tempat ini merupakan perjalanan bonus karena gak termasuk dalam agenda, agenda utamanya ya ke bromo aja,hihi .akhirnya pada keesokan harinya, kami melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi kebun teh wonosari dan kebun raya purwodadi, ini udah gak di daerah malang lagi,,,,

ini dia kebun teh wonosari, tempat yang sejuk dan indah,,,,

sebelum masuk bayar dulu ya. karna berbayar, kami gak jadi masuk. jadinya ya menikmati kebun teh dari luar aja, toh sama saja ( sangat perhitungan mengenai uang ),,hoho yang penting dah liat dan tau lokasinya dimana. dari tempat ini kamipun melanjukan perjalanan ke kebun raya purwodadi..

sampe di kebun raya (kali ini bener2 masuk dan bayar tiket lho). langsung ke loket dan masuk deh kedalam.

di dalam kebun raya ini ada berbagai macam tanaman dan banyak pohon sepanjang jalan, jadi cocok untuk rekreasi bersama keluarga dan pasangan. ingat dengan pasangan

yang depan dengan pasangan, yang belakang tanpa pasangan. kasian. hoho

jadi yang gak dapat pasangan bisa puas mengekspresikan diri dengan tenang tanpa ada gangguan. oya, selaain jadi tempat rekreasi, kebun raya ini juga bagus banget di gunakan untuk foto-foto gitu, apa lagi untuk prewedding,he. coz banyak banget spot yang keren disni,

ini dia pasangan yang lagi foto prewedding, semoga langgeng yeee. amin

setelah lama menikmati pemandangan beberapa pasangan yang bikin iri, pepohonan-pepohonan yang menyejukkan, dan luasnya kebun raya yang bikin capek dan bikin nyasar hanya untuk emncari tempat sholat, kamipun kembali pulang, pulang kembali ke kota malang. biar sorenya bisa brangkat ke kota batu, untuk menikmati malam disana,he
perjalanan ke kota batu dimulai sekitar jam 5 dan sampe sana udah magrib, akhirnya magriban dulu deh di masjidnya

ini dia masjid jami' di kota batu

beginilah suasanya di alun alun malang, rame dan gerimis. laper dan capek abis keliling. disni hanya bentar menikmati malam dan pemandangan. coz ini hari terakhir di malang dan hari trakhir untuk berekspedisi. banyak cerita yang di tukar selama disini....

setelah dari kota batu, kami langsung pulang, istirahat soalnya ane harus balik ke jogja kembali,hoho... selamat malam dan selamat istirahat.
keesokan harinya ane siap siap merapikan barang untuk kembali ke kota pelajar

pagi sekitar pukul 7, ane tiba di depan brawijaya untuk nunggu angkutan. setelah pamitan dengan kawan, selang beberapa menit ada deh angkot yang ane tunggu

ini bapak supirnya, lagi nunggu penumpang yang lain sambil ngitung duit,hehe. setelah naik 3 penumpang angkot ini pun lepas landas,he

ditengah perjalanan, ne angkot ternyata mogok, jadinya harus ganti angkot lagi deh,he

tepat pukul jam 7.50 sampai lah ane di stasiun kota malang, berharap tiket kereta masih ada

ternyata sampe di loket tiket kereta udah abis,huhu. adanya cuman kereta kelas eksekutif aje, yang harganya 200 ribu. itupun karna dapt dikasianin ama mba mba loketnya,heeh soalnya loket utk ke jogja udah nutup. kereta berangkat jam 8 soalnya, beruntung beruntung,he

nah ini pemandangan di dalam kereta eksekutif. gak rugi mang, sangat sangat nyaman. hoho

keretanya pun jalan, selamat tinggal malang...

saking nyamannya, si bule belanda ne tidurnya nikmat amat..he

temen perjalanan. soalnya dari malang gak sarapan... harga di kereta mahal amat minimal 20 ribu. ini ane dapet beli di bapak2 yang jajakin nasi pecel di di dtasiun yang di singgahi kereta ini, harganya cuman 4 ribu, ya lumayan untuk nyambung hidup.hehe

sekitar jam 4, sampailah di stasiun tugu jogja...

dari stasiun tugu, jalan jalan deh di malioboro ngabisin sore,hehe

setelah puas keliling dan liat orang di malioboro, ane pun kembali ke kost dengan transjogja kembali,hehe

jadi begitulah perjalanan ane di kota malang, lain kali maen kesana lagi buat jenguk yang isa di jengukin disana.hoho. cerita perjalanannya sampai sini aje ye. sampai jumpa di kota berikutnya...
wassalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaam....

1 jejak komentar:

sHariNg mengatakan...

Good,, Oky banget pemandangannya Ndra,,
Abie,, seneng banget tuh fotoan ama bule,,
waduh,, bayar lah,, kan pengen nikmatin yg lebih keren lagi jangan liat dari luar,,