10 Juni 2013

Jejak Ekspedisi Lawu yang menjadi candu

perjalanan di bulan ini belum terhenti, dua hari lalu dari semeru dan kini berlanjut kembali. entah knpa tiba tiba pengen ketempat yg berbeda walau judulnya tetap sama. ya naik gunung lagi. hehe. sebenernya knapa naik gunung karen gunung itu tempat pijakan tertinggi untuk melihat luasnya dunia ini. baiklah, ini cerita saya ke gunung lawu, gunung yg terletak di perbatasan jawa timur dan jawa tengah. 2 hari setelah dari semeru saya langsung berlanjut ke gunung lawu, kali ini perjalanannya berdua juga tapi dengan jenis yang berbeda.hehe

lansung aja, begini ceritanya,hehe
brangkat dari malang jam 10 pagi, sampai terminal surabaya langsung nyari masjid untuk jum'atan. soalnya hari jum'at. selesai jum'atan ngegembel dulu di terminal nunggu temen seperjalanan. temennya dateng langsung nyari kendaraan. naik bus, trus turun di terminal tujuan. eee ternyata busnya udah abis terpaksa naik bemo. pake acara dikibulin sopirnya lagi dengan memanipulasi harga, parah dah, duit langsung bablas.hehe. penderitaan lom selesai ternyata sampe di sana kendaraannya abis, harus nyari ojek deh untuk ke basecampnya,he ngojek di tengah gelap malam dengan tanjakan yg super akhirnya sampailah ceritanya kami di pos registrasi. bayar ijin masuk langsung persiapan. nah, lagi lagi karna ini pendakian awal, terpaksa nunggu pendaki lain yg ceritanya mau nebeng. akhirnya nemu nih pendaki yg mau naik. minta ijin untuk gabung dan cerita perjalanan pun di mulai,hoho

ini dia kelompok yg kita tebengin, mereka anak UNS. ceritanya mau langsung ngebut ampe atas. tapi tak kuasa, efek guncangan selama perjalanan baik fisik maupun mental. akhirnya setelah jalan dan nemu pos satu, bangun tenda langsung tidur. zzzzzzzzzzzz

esok paginya, udara sangat sejuk bangun pagi udah segar dan siap berangkat

sebelum berangkat masak dulu, sarapan biar ada tenaga.

asik sarapan, ada yg nawarin gorengan ama nasi, gile.ternyata bener. ke gunung ini perlu bawa duit banyak ama air aja. soalnya ada yg jajakin makanan sepanjang jalan. ntar di atas ada lagi tu warung makan sekaligus kamar.hoho. jadi ibu ini tiap hari dari pagi udah brngkat mendaki juga, menjajakan makanan untuk kami kami, baik deh.hoho

ini dia pos pertama, tempat kami ngecamp. tepat pukul 7 pagi kami berangkat

ini dia strawbery ala hutan. di sepanjang jalur pendakian tersedia kok, jadi ndaq bakalan kelaparan dah.hehe kalo gak salah namanya arbei

melewati bebatuan besar yg sayangnya banyak coretan gak jelas

sampai di pos 2 sekitar jam 9.30, eh ketemu ama ibunya lagi. mumpung dia lum makan jadinya dia beli untuk modal tenaga nanti. transaksi berlangsung. untung rupiah dsini masih berlaku,hehe

sampai di pos 3 sekitar jam 10.30. di post inilah sebenernya mau ngecamp. tu liat aja ramai bgt kan, soalnya umumnya yg naik malam itu istirahat dsini

sampai di pos 3, ada yg unik. ada sepedah yg nyangkut dsini. kira becandaan, naik sepedah ampe gunung. ternyata beneran aja. si bapak ini punya mimpi ingin sepedahnya ada di kalo gak salah 17 puncak tertinggi di indonesia. gile. kalo gak salah nama si sepedahnya nusantara. jadi sepedahnya ini di gotong pemirsa.

tuh liat ssepeda yg di gotong,he dari pos 3 kami berangkat sekitar jam 11.30 langsung joss ke tempat berikutnya

ini jalur dari pos 3 ke pos 4, dengan anak tangga yg disusun rapi dengan batu yg aaaah sudahlah,hehe. jalannya asik udah kayak wisata aja.he

sampaipos 4 kira kira jam 1.30. dan setelah ini jalanannya landai dan pijakannya tanah.hehe merdekaaa

di jalur ini pemandangannya keren, dengan vegetasi alami di kanan kiri

jarak dari pos 4 ke pos 5 sangat dekat kurang dari 30 menit udah sampai. dari sini puncak udah deket.

si kitar jam 2an udah sampai warung,hehe kami kira ini warungnya mbo yem. warung yg paling populer di indonesia karna satu satunya warung yg ada di puncak paling tertinggi.hehe jadi para pendakilok ke sini itu ada yg bawa dan ada yg gak bawa tenda. bagi y bawa tenda pasti ngecampnya di sekitar warung ini, soalnya deket dengan makanan dan minuman yg tersedia. kalo yg gak bawa tenda tenang aja, di dalam warung ada hotelnya.he

ini dia rupa hotelnya, cukup dengan memesan makanan, maka anda bebas untuk bermalam.he kompor dan peralatan yang saya bawa jadinya sia sia, huhu... sedih. setlah makan inilah waktu  paling membosankan dan menyedihkan. karna gak ngapa2in semalaman dengan cuaca yg saaaangat dingin. konon di gunung ini cuacanya paling dingin ketimbang yg lain dan itu bener sekali,hehe. berjuang untuk tidur kemudia bangun pagi untuk persiapan ke puncak

ini suasana malam hari, semua dah tidur karna hangatnya lampu yg di sediakan. jangan salah warung ini punya jenset sendiri, jadi lengkap sudah, dari makanan minuman dan listrik semua ada. hehe. setelah istirahat jam menunjukkan pukul 4 pagi. persiapan masukin barang, sholatsubuh langsung joss ke puncak

hore sampai puncak. ternyata puncaknya deket banget. hoho dan waktu sekarang menunjukkan jam 5 pagi

lawu dengan ketinggian 3265 meter diatas permukaan laut. dengan niat pagi pagi ke puncak untuk menyambut matahari, namun kali ini gagal. si mataharinya sembunyi takut keluar di balik awan,hehe

berhubung gak dapet sunrise, dan di atas dingin banget. jadainya mending turun aja, eh nemu semacam gubuk dan temen ane istirahat di dalam.hehe.
sementara temen saya istirahat di dalam, saya keliling keliling mencari suasana indanya pagi di lawu, keliling trus naik ke puncak lagi.hehe dan ternyata waaaaaaaaaaaaaw, pemandangannya keren banget. kiri kanan taman bunga..ini dia penampakannya

keren kan keren,hehe. karna curang rasanya sendiri, ane balik dan ajakin temen ane untuk liat apa yg saya liat.hehe

pemandanngan di puncak saudara saudara, gmana gak menjadi candu.hehe

tulisan dari temen saya untuk keluarganya

suasana yang lain di puncak

setelah puas foto foto untuk oleh oleh trus beres2 dan persiapan pulang. nah gambar yg paling bawah ini tradisi lain dari pendaki, mereka upacara gitu. keren deh upacaranya menyanyikan lagu lagu nasional, mulaidari tanah air, syukur, bagimu negri dsb, salut dah.

nemu pesan pesan dari sponsor alam

ini rute menuju puncak. keren abis dah

dan inilah warungnya mbok yem,warung yang fenomenal.he

yang di tengah itu mbo yem, yg setia dengan desternya.he

ini tanaman yang ngerawat mbok yem sendiri. ada di sekitar warungnya.

setelahs santap siang di warung mbok yem perjalanan kami lanjutkan. kami pulang dengan jalur yang berbeda. danternyata jalur ini sungguh gila karna abis turun hujan. sayangnya gak ada foto karna battre kamera abis,hehe...

ketemu bunga dan pohon yang sangat keren saat perjalanan pulang.

perjalan pulang ini alhamdulillah kami bareng kelompok lain, mereka yg menunjukkan jalan. perjalan pulang pokoknya yang paling ekstrim dan paling kotor.hehe mereka ini anak UNS juga kebetulan anak anak AGL (Anak Gunung Lawu) asik banget deh ma mereka, sekali lagi dapet temen dan bantuan. mereka juga yg nganter kami pulang sampai solo, karna berhubung kalo udah malam kendaraan umum udah gak ada.

jadi, lawu ini gunung yang terindah menurut saya dari segi vegetasinya. vegetasi yg tumbuh bebas tanpa di nodai tangan tangan nakal. gunung ini adalah surganya bunga dan tanaman. semoga kelak akan tetap seperti ini. terima kasih udah bersedia ditapaki terimakasih juga sudah menunjukkan keramahan dan keindahannya, kelak saya akan kembali lagi untuk menyapamu.
sekian, semoga semakin banyak meliat hal yg seperti ini rasa bersyukur itu semakin pekat, amin... sampai jumpa di perjalanan berikutnya

"terkadang kita perlu datang ketempat baru, agar kita bersyukur"

6 jejak komentar:

Anonim mengatakan...

kereen. emg pantas buat jadi candu. dan sekali lagi, 'Indonesia bukan cuman jakarta'.
great post' happy blogging.

Unknown mengatakan...

indonesia juga bukan cuman ambon,hehe. gambar ini sengaja bikin iri, bikin dengki dan lain sebagainya. he

Anonim mengatakan...

dan itu foto bukan ditujukan utk 'keluarga'nya . tp ditujuka utk seseorang yg dicintainya . hahahahaha :P

Unknown mengatakan...

salah salah, foto foto saya ini ditujukan buat orang orang yg tinggal di negeri ini agar bisa mengenal, mencintai dan menjelajahi tanah tanah di bumi pertiwi ini. he

wah,,,, terjadi kontroversi dan caos2 kemakmuran hati nih ceritanx... #nyimak'

Unknown mengatakan...

Jadi Membangkitkan Naluri Pendaki Gunung lagi ini.. terakhir mendaki Gunung Lawu tahun 2007... Kangeeennnnn Pengen Mendaki Lagiiiiii.......