5 Juni 2013

Jejak Ekspedisi Semeru (Lagi)

Dengan mengucap Basmallah, saya ingin bercerita tentang perjalan saya di awal bulan  juni dengan tujuan yang sama namun dengan gaya yang jauh berbeda. perjalan kali ini tujuannya adalah puncak para dewa puncak tertinggi di tanah jawa. bedanya, kali ini adalah perjalan dua orang insan manusia, yang ingin lebih dekat dengan PenciptaNya melalui segala apa yg telah di ciptakan. berbeda dengan sebelumnya, waktu pertama kali saya berkunjung kesemeru . tepatnya akhir tahun lalu saya bertadabbur ke tempat ini dengan orang2 yang belum saya kenal menggunakan segala kendaraan yang bisa dikatakan sangat mudah untuk menjangkau tempat tujuan. tapi pada kesempatan berharga ini, saya hanya dipasangkan oleh sahabat setia saya dengan menggunakan kendaraan roda dua yang menurut kami pasti bakalan seru nantinya.he. nah baikklah, begini cerita awalnya....

bermula dari obrolan ringan, sampai tercetus ingin merasakan sensasi keindahan tanah indonesia di puncak tertinggi yang ada di pulau jawa, akhirnya kami memutuskan utk mengadakan perjalanan yang hendak bertadabbur guna untuk memperlajari, menghayati dan menikmati apa apa yang telah Allah sedia kan utk hambanya. tanggal 1 juni saya tiba di kota malang. kemudian mempersiapkan segala keperluan dan peralatan sebagai syarat wajib yang harus di bawa kesana. rencana berangkat keesokan harinya dengan bermodal kendaraan roda dua dan tekad yg gini,hehehe

2 juni jam 6 pagi persiapan final kemudian berangkat ke ranu pane via tumpang

motor gak kuat, perjalanan gak semudah dalam bayangan. tapi dapet kenikmatan jalan di tanjakan saling bergantian naik motor karna kalo naik berdua motor tak kuasa bergerak.he udah pemanasan aja nih sebelum jalan kaki yang sesungguhnya di mulai. he

bonus perjalanan liat jalur ke arah bromo. rute yg dua bulan lalu yg udah di jajaki,he

tapi dengan semangat tak pantang menyerah dengan memaksakan ketangguhan si motor, kami pun sampai tujuan. trus ke post registrasi dan meilaht daftar menu harga yg terpampang ini.he gila, masuk gunung kok mahal bgt. beda ama waktu pertama saya kesini.he untuk duit pas ngepas dah,hoho

ceritanya lagi ngurus perijinan masuk

setelah izin dah di tangan, pendakian di mulai tepat pukul 10 pagi, meleset 2 jam dari yg diperkiraan karna faktor kendaraan,he

sejam berjalan akhhirnya tiba di pos satu istirahat sejenak kemudian ketemu dengan gerombolan yg bikin iri. para akhi dan ukhti yg sedang tadabur alam. woooow deh, terutama utk para ukhti2nya, kalian beda dan kereeeen.

sampai di pos dua sekitar jam 11.45

wah jembatannya udah di perbaikin,hehe

tiba di pos tiga, dengan kondisi yg udah rubuh jam 1 siang dan setelah ini jalan akan semakin menanjak namun masih landai

sekitar jam 2 ranukumbolo udah terlihat, jalan sekitar 15 menit sampai pos 4, trus lanjut turun ke rakum (ranukumbolo)

sampai di rakum jam 2.30... lepas peralatan istirahat sholat makan. dari sini kami lanjut perjalan langsung ke kalimati. ngejoss terus, napas muda.hehe

gak pake tunggu lala, jam 3 mulai bergerak lagi. rintangan pertama adalah tanjakan cinta yg butuh ekstra tenaga mental dan harapan,hehe

ranu kumbolo dari atas tanjakan cinta, sepi gak seramai tahun lalu yg penuh sesak.  hehe

oro oro ombo dengan pesona padang savana dan lavender ungu menyihir setiap mata yang menatapnya....

selamat datang di cemoro kandang. jam menunjukkan pukul 4 sore. perjalanan yang agak serem di mulai dari sini. karna meleset 2 jam. jadinya kita masukin hutan cemara ini dah menjelang magrib, tau sendiri kan lok malam malam masuk hutan apa lagi saat magrib tu kesannya gmana. yap ini juga terjadi ma kami berdua. bayangin aja, hanya kami berdua yg ada di hutan ini. pemdaki lain mah gak ada yg mau melanjutkan perjalanan lok dah sore dari rakum. tapi ya karna nekat dan yakin, kami jabanin aja.

perjalan selama di hutan dengan sinar yg sudah memudar dengan cahaya senter yg remang remang dengan tenaga yg udah terkuras jalan dari jam 10 ampe jam 4 sore bikin semua jadi satu. pandangan yg berkunang kunang. tapi harus dipaksa untuk tetep melek, kanr kalo lama istirahat di sini bisa di makan malam.hoho. singkat cerita nyampelah kami di tujuan. sekitar jam 7 malam. sampai disana ajib memang. ketemu dengan orang2 yg menurut kami sangat pantas di sebut pendaki. wih baik banget. gak kenal tapi langsung nyamperin trus ngangkatin carrier yg segede gaban kami trus nawarin untuk bantu bangunin tenda.hehe baik deh. emang pasti aja ada jalan dan bantuan bagi orang orang yang ingin dekat dengan penciptaNya. hamdalaaaaah.....

setelah tenda jadi, masuk tenda trus rapikan barang, trus masak untuk makan malam. abis tu istirahat untuk persiapan summit attack jam 12 nanti. karna butuh 5 ampe 6 jam ke puncak. ketika pukul 12 malam kami udah siap, tapi untuk keamanannya terpaksa kami nunggu kelompok lain yg jadinya berangkat jam 1 pagi.hehe....

setelah berjalan beberapa jam sampai juga di pertengahan puncak yg semua medannya adalah pasir dan batu batu cadas. disini pemandangannya udah keren dari matahari yang udah mulai menunjukkan dirinya sampailautan awan yang udah mulai terbentuk

istirahat sejenak karna medan yg sangat membosankan,hehe

dan Alhamdulillah sampai puncak akhirnya jam 7 pagi,hehe yeyeye dua kali ke puncak dengan perasaan yg berbeda tapi ttp gak bisa gak takjub berada disini....

sekitar 45 menit di puncak. liat liat trus foto foto. abis tu turun balik.he

sebelum turun penghormatan terakhir untuk bendera merah putih di puncak tertinggi jawa. tetap terus berkibar ya bendara ku. negara ini sangat indah. yaa Robb, terimakasih atas apa yg Engkau beri kepada tanah pertiwi ini, bantu kami menjaganya bantu kami dapat melihatnya agar kami ttp istiqomah dalam mensyukuri nikmat yang Engkau beri. Maha Suci Allah atas segala CiptaanNya...

penampakan puncak dari batas vegetasi. ini udah sampai bawah, sekitar 45 menit untuk meluncur kebawah...

setelah turun dan turun sampailah kami di kali mati tempat ngecamp kami. sayang gak sempat foto foto perjalanan dari puncak ampe kembali di kalimati,he. jadi ceritanya setelah sampai kalimati istirahat total, bangun kemudian makan. di kali mati lumayan lama. ampe sore. rencananya sih istirahat bentar langsung pulang ke ranupane, tapi apa daya tenaga udah abis jadi istirahat deh,he. setelah merasa cukup istirahat, bobgkar tenda kemudian jelan kembali ke rakum. jalan ke rakum itu di mulai jam 3 sore....

gambar perjalanan pulang ke rakum

lavender ungu oro oro ombo

sampai di rakum cari spot bangun tenda. trus nginep dah.. selamat istirahat zzzzzzzzzzzzzzzzz

selamat pagi indonesia, selamat pagi ranu kumbolo. tetap bersyukur atas segalanya, atas apa yg Allah beri harus di jaga dan selalu di syukuri.

ini tenda kami, cukup luas dan mewah untuk ukuran kami berdua,he

ini yang ngebantuin kami waktu di kalimati dan nemenin kami waktu jalan ke puncak namun kepisah,he

sarapan udah, bongkar tenda udah, masukin semua2nya ke carrier udah. jadinya jam 8 pagi langsung sayonara semeru sayonara ranu kumbolo....

seperti biasa jalan pulang dari semeru pake jalan alternatif biar ada kesan berbeda. jalur ini namanya ayak ayak. lebih menantang dengan pemandangan yg luar biasa.hehe

vegetasi yang ada di jalur ayak ayak...

beberapa pemandangan dan aksi untuk mengusir rasa capek dan lelah.hehe

Alhamdulillah setelah melawati semuanya sampai lah ceritanya kami ke ranupane. tapi sebelumnya udah nyasar ketika sampe perkebunan warga dan terpaksa harus jalan cukup cuuuukup jauh untuk ke pos registrasi, kasiiiin. setelah sampai, laporan dulu ambil motor di parkiran, tapi sebelum itu ganti oli dulu biar gak separah waktu jalan datang kesini. hehe

pengalaman yang luar biasa jika kita berjalan ke tempat yg liar terutama gunung hanya dengan seorang kawan. karna semanya akan terbongkar. kekuranganku semuanya terungkap dsana. segala sifat liar ku tak mampu terbendung. jika kalian ingin tau karakter sahabat kalian, ajaklah dia ke alam. biar alam yg membuka segala karakter yang ia sembunyikan. cukup sekian. dan dalam bulan ini perjalanku belum terhenti kawan,hehe

Konon bumi ini milik mereka yang mau berhenti sejenak untuk melihat-lihat lalu meneruskan perjalanan

1 jejak komentar:

santri dan alam mengatakan...

Mantabbb....naik motor ke semeru dan bromo, jalur yg akan terkenang , he he...