24 Maret 2011

jejak langkah pendidikan



Assalamu’alaikum wr.wb.

                Pada kesempatan kali ini ana pengen menceritakan sedikit kisah perjalanan pendidikan yg pernah ane tempuh mulai dari terciptanya menjadi sebagai seorang anak manusia, sampai saat sekarang ini. Mungkin apa yang ane ceritakan ne sedikit agak sulit dimengerti,hehe. Bingung sebenernya mau mulai ceritanya seperti apa dan menceritakannya bagaimana, tapi dimengerti sendiri aja ya, soalnya ane g’ pake EYD dalam mendeskripsikan semuanya,he.... ^_^
                Langsung aja. Sebelum mengeyam pendidikan formal, ane belajar secara otodidak ne di rumah bersama orang tua pastinya,belajar jalan,makan,minum,mandi dan hal2 dasar lain yg lazim balita lakukan. Konon katanya sih ana ne sering di titipin ma orang tua waktu balitanya,jarang ma ibu dan jarang dirumah sendiri, lebih banyak dititipkan dirumah orang lain,rumah keluarga ato rumah tetangga. katanya sih biar dewasanya nanti ane bisa mandiri (ceritanya gitu,he). Setelah lulus dari pendidik nonformal tu, ane dimasukin ma ortu ke TK Empang ( bukang empang tempat ikan ya, Empang tu nama suatu daerah di sumbawa). Ane lupa tu lok pendidikan di TK brapa lama, pi yg ane ingat di TK tu cuman ada 2 kelas, yakni kelas nol kecil ma kelas nol besar. Proses belajarnya sih ya seperti TK pada umumnya, diajarin dasar dan keterampilan doang, perkenalan apa itu baca tulis, sisanya bermain ria,hoho.
                Pengalaman yang ane inget sih, emmm... (mikir dulu...) tring,  yg diinget ya cuman maennya doang, makan dikantin, inget bapak dan ibu guru. Gurunya cuman ada 3 lho, 1 guru cowoq sekaligus jadi kepala sekolahnya ma 2 guru ceweq. Namanya ane lupa ne, pi wajahnya selalu terkenang di otak,hehe. Lok temen yg ane inget tu nyaris tak ada, cuman Rima mihada akdamana aja ya dari TK ampe SMA selalu satu sekolahan, sisa temennya ane g’inget, entah memorinya ilang karena apa,he. Hal yg paling seru tu sewaktu TK, kita udah punya tranportasi antar jemput lho, transportasinya sangat keren dan modern yakni “Dokar “(cidomo,delman istilah laennya),hehe. Cuman setor duit Rp. 50,00 (lok g’salah tarifnya segitu) langsung deh dapet fasilitas seperti itu, fasilitas tu cuman khusus buat ane maa temen2 yg disediakan oleh sekolah,he. Kisah selebihnya sih seperti di TK pada umunya, seperti tiap 17 Agustus selalu pawai karnaval. Baju pawai favorit ane tu baju tentara ma polisi,hehe. Mungkin sekaian dulu kisah di TK (taman kanak-kanaknya) sampai disini aja ya,coz ingatan tentang itu semua minim.. ^_^
                Lanjut ke pendidikan berikutnya. Setelah lulus dan wisuda dari Taman kanak-kanak, ane langsung di sekolahin di MIN Empang (madrasah ibtidaiyah negeri), sekolah islam pertama dan satu-satu di daerahnya ane hingga saat ini. Entah apa mungkin pertimbangan orang tua, sehingga ane di sekolahkan disana. Jarak sekolah dari rumah tu sekitar 10 Km lho, padahal sekolahan SD di lingkungan ane tu ada, jaraknya aja cuman 100 M, dan lucunya lagi ibu ane adalah guru di sekolahan SD tu,hehe. Tapi Ane sebagai seorang anak mah ngikut aja, yg penting asyik aja, soalnya masih 6 atau 7 tahun tuch waktu itu jadi manut aja,hoho. Mungkin ne program ortu utk mendidik ane secara mandiri, bayangin aja semenjak balita aja dah di titip-titipin dirumah orang,hoho. (kisah dan pengalaman sewaktu MI ada di tulisan selanjutnya)
                Setelah lulus dan mendapat gelar S1 (tamatan SD) rencananya ane mo diajak tu ma guru ngaji ane utk melanjutkan studi ke Gontor, orang tua terima aja, ane pun sangat siap, tapi nenek yang g’ngijinin, katanya masih terlalu kecil,hehe. Jadinya, ane di sekolahin di Mtsn Empang deh (kebetulan ayah ane jadi KTU dsana). Seperti biasa, ana disekolahin jauh dari rumah, padahal ada tu Smp deket rumah, tapi tetep aja milih sekolahan yang jauh,makanya jujur aja ane g’ punya sahabat maen di sekitaran rumah ane (kasihan)hehe. Temen ane jauh2 rumahnya paling deket jaraknya 5km dari rumah. Tapi ya sudahlah ane ngikut aja, hoho (kisah dan pengalamannya di tulisan selanjutnya).
                sEtelah dapet gelar S2 (taman Mts) ane lanjut ke...??? ini dia yg seru. Waktu itu kan pengen sekolah ke Gontor, pi karena g’ diijin ma nenek. Akhirnya pengen lagi tu ngelanjut keinginan tuk sekolah dsana, tapi sayang seribu sayang, guru ngaji ane dah jadi anggota DPRD, jadinya sulit meralisasi keinginan tsb. Jujur aja, ane sebenernya pengeeeeeeeeeeen banget sekolah dan nuntut ilmu tu di pesantren, walau dikisahkan temen2 lok pesantren itu begini dan begitu tapi keinginan tuk belajar disana sangat kuat, pi mungkin Allah belom ngijinin ane tuk studi di pesantren. Makanya setiap ada yg namanya pesantren kilat, ane pasti jadi yg terdepan ^_^
                Ane cuman bisa ngelanjutinnya di NTB aja dech, pi masih bingung tuch mau masuk SMA to MA, soalnya dari awal udah start dengan sekolahan dibwah naungan departemen Agama bertaraf madrasah. Hal apa yg jadi pertimbangan waktu itu ane juga kurang tau, tapi pemilihan sekolahnya tu sepenuhnya diserahkan ke ane sendiri (mengaktifkan program kemandirian,he) sempet sih diskusi ma temen ane si Rima yg dari Tk ampe Mtsn tetep satu sekolahan. Diskusi masalah mo lanjut ke Sma to Ma, akhirnya mutusin sekolah Sma aja, biar dapet pengalaman baru dan nerapin apa yg dah di dapet selama di madrasah. Awalnya ane cuman pengen sekolah di sma 5 mataram waktu itu, harga mati dah masuk Sman 5, katanya sih dsana yg terbaik (maklum kurang informasi,he).
Ane daftar di 2 tempat, wakni d sman 1 Sumbawa ma di Sman 5 Mataram, ane daftar ma Robby, temen sewaktu Mts,sedangkan Rima dah langsung merapat kemataram. tapi sayang ane ma dia g’ keterima pada awalnya. tapi jelakanya, waktu pengumuman ke dua temen ane si Robby ne keterima sedangkan ane sendiri g’, tapi berkas pendaftarannya udah ane cabut sebelumnya. Akhirnya, pendaftarannya dia di anulir ma panitianya tu, kesalahan besar yg ane lakuin soalnya terjadi kesalahan informasi, maaf buat sobat ku lagi.. pi alhamdulillah dengan izin Allah dia keterima kembali di sman 1 mataram, walau sebelumnya dia numpang sekolah dulu di tempat lain.
Akhirnya ane gagal dech keterima di sman 1 sumbawa, tapi ada kenyataan yang lainnya lagi kawan, pendaftaran di Sma 5 juga ternyata ane g’ keterima juga, 2 tempat pendaftaran keduanya g’keterima pada hari yang sama dan hampir pada jam yang sama (menyedihkan), entah kemana lagi harus kulangkahkan jejak langkah ini,he.
Ada 2 pertanyaan yg mungkin mengganjal, yg pertama, kok bisa daftar di dua tempat, pada waktu yang sama sedangkan peraturan waktu itu lok daftar harus pake STTB yg asli ???Lalu  pertanyaan ke dua lok g’ keterima di kedua tempat tu, kenapa bisa nyangkut di Sman 3 Mataram????????????????????
(jawabannya ada di tulisan lainnya)
^_^

0 jejak komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejaknya ya ^_^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes