25 Maret 2011

jejak Madrasah Ibtidaiyah

Assalamu’alaikum wr. Wb......

Ane mo Lanjut cerita tentang kisah SD yg terdahulu yg bersambung,he, sekarang saatnya sedikit menceritakan tentang pengalaman semasa SD,hehe. Sebelumnya ane mau perkenalkan temen2nya dulu ya. Temen2 ceweq : ada Rima,Lia,balapati,Uci,Tara,Tri,Lino,Atul,Zubaidah,Erma,Surya,Edhon, dll (maaf bagi yg belum kesebut, agak lupa soalnya,he). Temen cowoqnya : ada andri,olhi,marzuki,jun,ardi,rambo,randa,dll (maaf gak lupa juga sisanya,he).  Ane ceritakan yang serunya aja ya,jadi  kisahnya begini, pada jaman dahulu kala di suatu desa (loh kok dongen sih),hehe... dia heboh sendiri anak ne cerita. Baiklah mari kita come on
Masa SD adalah masa2 bermain sambil belajar, tapi saat tu banyak sambilannya dari pada belajarnya, langsung ke pengalaman aja ya. Pengalaman yg paling sering ane alami waktu itu adalah swimming in the berang (sungai) pada jam istirahat istirahat, ane dan temen2 lok bel istirahat berbunyi (teng,teng,teng) langsung kabur ke daerah belakang sekolah, kebetulan didaerah belakang tu ada sungai, jadinya tiap istirahat langsung nyebur di sungai bareng makkhluk Allah yg lainnya. Bukan hanya yg cowoq aja lho, yg ceweqnya g’kalah ma kita, katanya sih mereka juga hoby nyebur juga, pi sayangnya g’pernah bareng ma yg cowoq (apa maksd ne,he). Ngomongin soal temen ceweq, mereka tu sering sekali kelahi lho, entah kelahinya karena apa, pokoknya musuhan gitu,saling buat kubu tersendiri. Kami selaku pihak cowoq memiliki peranan yang sangat penting. Peranannya tu jadi kipas, jadi kompor dan provokator (otaknya ane sendiri), biar kelahi dan musuhannya makin seru,hehe. Tapi perkelahian dan permusuhannya cuman bersifat tarik ulur aja, bentar-bentar musuhan dan berntar-bentar baikan dan begitu seterusnya biasalah wanita gitu. 
Selain pengalaman itu sih, masih banyak lagi cerita lainnya, g’ jauh bedalah ma pengalaman sahabat sekalian semenjak SD. Oya, ane ru inget, lok pengalaman ma cowoqnya tu, saat selesai jam olah raga kami selalu melancong ke SD lain utk menantang murid lainnya main bola, maen bolanya pake taruhan lho, pi kecillah cuman Rp. 500 per siswanya, kan lumayan tu lok menang bisa makan es bersama,hehe (taruhan dah dipraktekkan semenjak SD, tidak untuk ditiru,he). Selain itu, ane g’tau pengalaman apa lagi ma yg cowoqnya, soalnya kita tu kerjanya cuman gangguin yg ceweq aja. Tapi yang buat g’asyiknya kadang,sesama temen saling olok-olokan, biasalah anak kecil.
Sewaktu SD ane pernah di ejek ma seorang temen ceweq, namanya Cuk (surya pustika dewi,lok g’salah namanya gitu) ngejeknya tu gimana ya, aduh lupa. Pokoknya semacam di makcomblangin gitu dah bahasa anak sekarang. Entah karena apa ane sering di ejek ma dirinya, ampe karang lum tau ne sebab musababnya apa,he. Lok diejek gitu ane paling g’suka, entah g’sukanya karena apa,soalnya g’pernah ditanamkan memori diotak utk deket ma ceweq. Beda bgt dengan jaman karang, SD aja dah pacaran, parah euy. Dulu kami paling anti hal yg begituan.
Di kelas ane dulu ada primadonanya lho, Namanya Seperon (itu orang lho, seorang gadis kecil yang waaaaaaaaaaaah), anak ne selalu jadi buah bibir para lelaki saat tu,hoho. Tak ada yg berani mendekatinya saking wahnya. Yang berani dekat takkan bisa terlepaas lagi, hehe. Teen ane yang satu ne aagk gman gitu, beda dari yanng lain (bagi temen sekelas ane yang baca ngertikan,he). Intinya anak ne istimewa, memiliki pesona yang meluluhkan para murid pria waktu itu,hehe.
Sebelum lanjut ke bagian akhir kisah masa SD,ada kisah ne. Sewaktu kelas 4 ane pernah buat temen ceweq nangis (pengalaman pertama buat anak orang nangis) lho. Ceritanya waktu tu temen ane yg namanya Ellya febriani (kurang lebih namanya begitu) sedang ngedikte temen2 lain yg sedang nulis, suaranya agak pelan ato bacaannya kurang jelas mungkin waktu itu, karena itu ane protes, pi protesnya keterlaluan ampe teriak di telinganya (astagfirullah, jahat sangat).  Setelah protes, tiba2 nangis anak orang ane, dilapor dah ke wali kelas (saat tu wali kelasnya pak Bik), entah ane di proses bagaimana setelah itu, yg tak inget cuman buat Lia nangis aja,he. Selain tu Ane juga pernah tu dikerjain ma temen ceweq, namanya Erma (ketua preman,he). Waktu itukan kita lagi maen2 water gun gitu, isinya kan air. Nah si erma ne ngisi amunisi pake air cabe, gile bener. Target sasarannya kebetulan ane, tak sengaja to di sengaja  air cabenya tu kena mata (sakit sangat n perih ne mata), sunggu terrrrrrrrrrrrrlalu. ^_^
Langsung kebagian akhir ya, sebeneernya masih bnyak bgt ne, pi langsung endingnya aja biar g’ kepanjangan,hehe. Waktu ujian praktek kelas 6, ada namanya praktek seni, praktek seninya tu bikin masakan lho, masakan tradisional ma masakan yg lainnya, praktek masakan ini wajib hukumnya di adakan saat ujian praktek seni, entah siapa yang diuntungkan dan praturannya siapa yang buat, kayaknya para guru dech,hehe. Toh merasakan dan mencicipi makanannya para guru,yang masakin juga bukan kita sendiri pi dibantu ma ibu2 rumah tangga,he. yaaa itung2 ucapan terima kasih lah dan salam perpisahan ma para guru,he (kita cuman dapet makanan sisanya doang). Oya, waktu ane masih duduk MI, kekerasan terhadap murid tu sering terjadi lho, ngeri dah pokoknya, minimal sapu ato penggaris tu patah dibuatnya, walau kita sebagai murid salah, pi caranya jgn seperti itu ya pak guru,he. Alhamdulillah sekarang praktek kekerasan terhadap siswa SD berkurang walua masih ada di berbagai tempat.
Kembali ke cerita. setelah menjalankan rangkaian ujian praktek dan ujian tulis, sampailah kita ke bagian puncaknya, yaitu pengumuman kelulusan. Saat pengumuman, biasalah yang namanya pengumuman semua raut muka jadi tegang, kebetulan yang ngumumin tu wali kelas kami yakni pak Sarmaji. Sebelum pengumuman bapaknya tu minta maaf ma kami, g’tau juga minta maaf karna apa, cz kami cuman focus ma hasil pengumumannya doang,he. Setelah sekian lama berpidato ria, akhirnya kami di bagikan deh surat pengumumannya langsung. Raut muka makin tegang, pelan tapi pasti semua serentak membukanya, ane aja yang paling telat ngebuka tu surat,he. Entah kenapa kok suasanya yg hening sewaktu menerima surat tu tiba2 pecah karena tangisan beberapa murid wanita yg ternyata mereka dinyatakan g’lulus (kacian bgt). Entah mau sedih ato gmana, ane lanjut aja buka tu kertas dan ternyata tulisannya “maaf anda kurang beruntung,silahkan coba lagi”, hehe, becanda. Tulisannya tu “Anda tidak lulus” lupa tuch ekspresinya ane yaq gmana yg jelas sedih dan kecewa (oh ya? Apa iya anak SD dah tau namanya kecewa,he).
Setelah beberapa menit kesunyian dipecahkan oleh suara tangisan (hayo sapa yang paling keras nangisnya,he), pak guru snyum2 tuch, ternyata semuanya hanya sandiwara semata, hoho. G’seru pak guru ne, dah tegang malah diajak becanda. Jadi, Alhamdulillah, kami semua dinyatakan lulus,hehe. Setelah lulus, biasalah ada tradisi perpisahan dan pelepasan, pi waktu jaman kami acaranya saaaaaaaaaaaaangat sederhana sekali. Bgitulah singkatnya kisah dan pengalaman waktu MI, sisanya di inget sendiri aja, ingatannya ane cuman ampe segitu aja, besok lok ingat lagi tak tambahin kok.
Baiklah, mungkin sekian jejakku waktu MI dulu, ceritanya mungkin kurang seru bagi kalian, bagi temen2 MI ku yg membacanya nikmati aja apa adanya ya, lok kurang mohon maklumi, lok lebih tolong ambil sendiri kembaliannya. Cerita ini ane tulis untuk mengembalikan dan menyegarkan ingatan temen2 sekalian tentang sekolah dasar, karena disekolah dasar tu, kita pertama kali di ajarin baca dan tulis secara mendasar, terima kasih Bapak Ibu guru. Atas jasamu kami lancar baca tulis dan ngitung ampe saat ini. Oleh karena itu, kalian jangan lupa silaturahmi ke SD kalianmasih2, silaturahmi ma temen SD dan para gurunya jika masih ada ya, lok tak de, cari ampe ada walau tu hanya Nisannya saja.
Sekian dan terima kasih...
^_^

0 jejak komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejaknya ya ^_^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes