27 Maret 2011

smanti riwayatmu kini


Assalamu’alaikum wr.wb....
Pengennya nulis lagi dan lagi ne, entah kesambet apa. Padahal biasanya, paling anti dengan tulis-menulis, terlebih tentang pribadi dan kisah temen2,hoho. Tapi ya sudahlah, dilanjut sajo,hoho. Pada kesempatan yang baik ini ane pengen menceritakan skolah ane, Sman 3 mataram yang lebih akrab di sebut smanti. Mari kita mulai ceritanya,,,,,  Yuk mari......................
Sman 3 mataram, menurutku sekolah yang paling istimewa yang ada di mataram. Sekolah yang mengedepankan imtaq dan iptek dalam mencerdaskan anak bangsa. Dengan visi yang sangat luar biasa yang pernah ada yakni, “ Shiddiq, amanah, tabligh, fatonah.” Ane bangga banget tu dengan visi smanti yang diambil dari sifat2 nabi, salut buat yang merumuskannya manjadi visi sebuah lembaga pendidikan. Pembuktian visinya ne dengan berdirinya sebuah masjid yang megah yang dimanfaatkan oleh semua warga smanti baik utk proses KBM maupun kegiatan2 lainnya. Tapi sayangnya lom dimanfaatkan dengan optimal ma semuanya.
Sedikit sejarah sman 3 mataram (SMA Negeri 3 Mataram berdiri tahun 1973 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0236/O/1973 tanggal 18 Desember 1973 dengan nama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP).
Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1985 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0353/O/1985 berubah nama menjadi SMA Negeri 2 Mataram. Selanjutnya pada tanggal 21 April 1997 mendapatkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 035/O/1997 berubah nama lagi menjadi SMU Negeri 3 Mataram. Sejak tahun 2003 sesuai nomer klatur perubahan nama dari SMU Negeri 3 Mataram menjadi SMA Negeri 3 Mataram sampai sekarang).  Smanti bangunannya sangat unik, lai dari yang lain, skolah yang sangat luas waktu itu, tapi sekarang sempit.      
Smanti adalah sekolah yang luar biasa, dengan guru yang luar bisa juga. Pada waktu ane gabung menjadi warga smanti pada tahun 2006, saat itu yang menjadi kepala sekolahnya adalah pak Sahnan, seorang kepala sekolah yang penampilannya gagah bgt cuy, karismanya tinggi dan kepemimpinannya luar biasa. Menurut info, beliaulah yang membangun image skolah ini, semuanya di bangun dan dipercantik baik luar ampe dalem, keren dah pokoknya. Pi ane g’ bisa mengenal beliau lebih lama lagi, soalnya beliau di pindahkan ke sman 7 menjadi guru biasa karena ada sedikit masalah waktu itu dengan pihak DIKNAS. Kami sebagai siswa yang bangga terhadap beliau, sangat menyayangkan kejadian ini. Berita penurunannya pun langsung berujung aksi demo oleh siswa2 kelas 3 yang sangat mendukung beliau, tapi apa mau dikata, keputusan itu dah bulat, jadi kami terima saja. Beliau turun, lalu digantikan oleh bapak H. Nasrudin BA. Seorang guru Agama waktu itu, ada sedikit perubahan sih setelah pergantian kepala sekolah.     
Smanti, sekali lagi sekolah yang luar biasa, skolah yang memanjakan para siswanya untuk berprestasi dan berkreasi dengan berbagai macam organisasi yang ada. Dimana setiap organisasi yang ada merupakan kebanggaan tersendiri buat sekolah. Tapi itu dulu kawan, dulu organisasi menjadi garda depan, jauh bgt bedanya dengan sekarang. Sulit dijelaskan tapi semuanya berbanding terbalik. Smanti yang dulunya mengedepankan imtaq dan iptek yang dijalankan secara berbarengan, sekarang dah g’ lagi. Yang di kedepankan hanyalah iptek saja, sedangkan imtaqnya mungkin g’ di urus dengan serius. Tapi ane salut buat temen2 remanda yang masih peduli walau hanya segelintir orang utk menggandeng dan menjadikan imtaq sebagai yang terdepan.
Sedikit hal seru tentang smanti menurut ane adalah, skolah ini merupakan skolah yang paling pelit dalam meliburkan diri,hehe. Tapi bagi yang betah di skolahan kayak anak2 remanda,paskib dan pramuka justru ada keseruannya tersendiri. Sekolah ini sekolah yang g’ pernah mati, skolah yang selalu diisi dengan berbagai kegiatan yang positif, organisasi yang selalu berkreasi hingga malam hari. Tapi sekali lagi itu dulu, beda dengan sekarang. Menurut ane, sekarang murid2nya banayk yang pasif, banyak yang ogah berkreasi, entah karena apa. Okeh, mungkin ada kgiatan PASCH, tapi apa iya cuman itu doang? Toh masih banyak kan hal2 yg lebih seru dari pada merebut dan berkompetisi utk diajak melancong ke laur sono,hoho. Tapi alhamdulillah, sekarang dah mulai agak sedikit bangkit.
Sebelum mengakhiri tulisan ini ane pengen berbagi sedikit pengalaman ane beserta temen2 perjuangan ane sewaktu bersekolah disana. Ane dan temen2 merupakan orang2 yang bisa dibilang g’punya kerjaan. Bayangin aja, nongkrong dismanti ampe malem hari,hehe. Tapi bukan hanya sekedar nongkrong smata, kita disana memanfaatkan segala yang ada, utamanya masjid smanti. Ibaratnya masjid smanti itu adalah rumah kedua bagi kami, dimana sgala aktifitas dan kegiatan kami habiskan bersama disana dengan melakukan berbagai kegiatan positif tentunya. Lok berbicara organisasi jangan tanya lagi, di organisasi kami juga sekumpulan orang2 yang g’punya kerjaan,hehe. Hampir semua organisasi kami lakoni, mulai dari paskibra, pramuka, remaja masjid, pramuka, osis dll. Oleh karena itu jika lagi ada kgitan organisasi itu ato itu pasti orang2 itu2 aja,hoho. Pak guru ma ibu guru hampir bosen ngeliat tampang kami di skolahan,he.
Pada akhir tulisan ini ane pengen menggambarkan smanti ti seperti apa, soalnnya ane habis silaturahmi ksna. Smanti yang di kenal dengan bangunan unik, luas san asri, kini keadaannya berbeda. Yang nae liat, sekaran smanti makin sempit dengan bnyaknya bangunan kelas yang di berdiri karena bertambahnya siswa tipa tahun. Bayangin aja cuy, waktu jaman ane, kelas X cuman ampe X.7 dan sekarang ampe X.12 makanya makin sempit aje tu skolah menurut ane. Skolah yang satu2nya memilik masjid di NTB dan sekarang dah makin megah, tidak di manfaatkan dengan optimal oleh warga semanti dan para siswa pada umumnya. Sekolah yang dulunya rame dengan kgiatan organisasi sekarang dah berkurang, sering berkreasi dan berprestasi dengan organisasi kin dah mulai berkurang. mereka mungkin lum tau lok berprestasi itu bukan saja lewat sains, pelajaran,menjadi juara kelas ato pergi ke jerman. Tapi prestasi juga bisa di raih dengan organisasi. Selain bisa mengukir prestasi, kalian juga biasa berkreasi sebebas mungkin secara bersama, kalian bisa mengenal arti kebersamaan dan persaudaraan melalui organisasi yang ada. Skolah udah  menyiapkan semuanya, fasilitas dah lengkap, kalian tinggal memanfaatkan semua yang ada dengan optimal dan sebaik mungkin.
sukses terus buat para siswa2nya dalam berprestasi dan berkreasi, sukses terus buat para guru yang selalu mendampingi dan membimbing murid2nya.do'a kami slalu untuk kalian semua.

smanti, singkirkan kutu2 di sayapmu,dan terbanglah yang  tinggi
Sekian, dan terima kasih
^_^



1 jejak komentar:

Azizah Ananda mengatakan...

pengen nangis bacanya

Posting Komentar

tinggalkan jejaknya ya ^_^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes